Seperti halnya komputer atau laptop anda, saat sebuah smartphone android aktif maka smartphone tersebut akan menggunakan RAM dalam aktivitasnya. Dan jika aktivitas yang dilakukkan berlebihan, misalnya saja multitasking berlebih seperti membuka aplikasi facebook, wechat, line, atau sejenisnya maka RAM android akan cepat penuh. Bagi yang Ram-nya berukuran cukup besar tidak akan terlalu pengaruh. Namnun bagi yang RAM nya berukuran kecil akan menjadi ber masalah.

RAM (Random access memory) Android yang penuh akan berefek pada melambatnya kinerja smartphone dan mengakibatkan lag atau lambat saat mebuka aplikasi tertentu
Untuk itulah, disini  akan menyajikan tips untuk mengatasi RAM android cepat penuh yang sering terjadi pada pengguna smartphone. Beberapa tips mengatasi ram android yang cepat penuh bisa anda lihat pada daftar dibawah ini :

1. Kill Aplikasi yang tidak perlu / tidak sedang digunakan

Langkah ini diambil untuk mematikan aplikasi-aplikasi yang sedang tidak digunakan. Caranya, silahkan masuk ke Settings kemudian buka Apps, lalu pilih Running. Disana anda akan menemukan aplikasi-aplikasi yang sedang running. Untuk cara mematikannya, cukup buka kemudian klik Stop untuk mematikan aplikasi.

2. Gunakan Aplikasi Clean Master

Clean Master (Cleaner) merupakan aplikasi pembersihan yang lengkap yang mengijinkan anda menjaga smartphone Android anda selalu dalam keadaan sempurna,  pada pilihan optimasi yang berbeda yang ada di dalamnya yang akan membersihkan tempat penyimpanan sementara, menghapus tempat penyimpanan sementara, atau membersihkan jejak pemakaian dalam ponsel anda.


Clean Master (Cleaner) aplikasi android yang sangat berguna untuk menjaga piranti tetap dalam keadaan bersih dan teroptimasi. Ia tidak hanya akan membantu anda untuk mendapatkan ruang longgar yang lebih banyak, tapi akan juga membuat semua proses berjalan lebih cepat. Aplikasi Clean Cleaner bisa di download di google playstore

3. Hapus Aplikasi yang Memakan RAM Besar

Jika memang tidak terlalu diperlukan, anda bisa menghapus aplikasi yang tergolong memakan ram besar. Pengecekan seberapa besar penggunaan RAM bisa anda lihat pada Settings, kemudian buka Apps, kemudian pilih Running.

4. Gunakan Aplikasi RAM Manager

RAM Manager tersedia dalam versi gratis dan pro. Berfungsi untuk mengaktifkan profil tertentu untuk manajemen RAM android sesuai kebutuhan. Beberapa profil yang tersedia antara lain more free memory untuk memori bebas lebih banyak, balance for everyday using untuk kestabilan penggunaan setiap hari, multitasking mode untuk multitasking berat, sampai mode hard gaming untuk penggunaan game berat.

Untuk mendownload aplikasi RAM Manager silahkan download di google play via link berikut : pro – free

Perlu diperhatikan, hampir semua tips mengatasi ram android cepat penuh diatas mengharuskan root untuk melakukkannya. Misalnya saja menjalankan aplikasi RAM Manager dan XBooster yang jelas-jelas membutuhkan hak akses root untuk eksekusinya, jadi bagi anda yang belum root admin merekomendasikan untuk melakukkan root terlebih dahulu.


Post a Comment

Top