Ada  kisah  seorang  Cina  dengan  seorang Inggris yang saling tak mengertibahasa mereka masing-masing pergi ke restoran makan bersama. Dengan  bahasa  Inggris  seadanya  mereka  saling menyetujui  makanan yang dipesan dan ketika makanan datang mereka mulai makan. Setiap  kali orang  Cina  tersebut  mengangkat gelasnya, ia berkata kepada kawan Inggrisnya, "Gan bei!" (baca: kan pei !; artinya: "bersulang!")

Orang  Inggrisnya  semula tertegun, namun ia kemudian melanjutkan makannya. Hal  ini  terulang lagi  setiap  kali orang Cina tersebut hendak minum, ia mengucapkan "Gan bei!" (baca: kan pei ) Si orang  Inggris ini hanya mengangguk, diam sebentar kemudian melanjutkan makannya.

Tak  lama  kemudian  orang  Cina  itu kembali meneriakkan "Gan bei!" sambil mengangkat  gelas. Kali ini orang Inggris itu meletakkan alat makannya lalu berkata  lantang kepada kawan Cina nya, "It's all right if you CAN'T PAY! I will pay!"

Kanan ke Kiri
Seorang  salesman  Coca-Cola  baru  saja kembali dari tugasnya di Pedalaman Tembok China . Dengan  wajah  yang  sangat  kecewa  ia  berhadapan dengan bossnya. Si Boss bertanya "Kenapa kamu gagal melakukan transaksi di China ? "Saat  tiba di China saya begitu yakin bisa menjual produk kita..." kata si salesman.  "Cuma, ada satu masalah, saya tidak mengerti bahasa China , jadi saya  memutuskan untuk mempromosikan produk ini melalui poster bergambar...."

Poster  pertama  gambarnya  seorang  pria yang sedang sekarat & kehausan di tengah  perjalanannya di  Tembok China , poster selanjutnya bergambar pria tersebut  kemudian  meminum  Coca-Cola, dan poster terakhir bergambar pria tersebut akhirnya bangkit kembali dengan kondisi yang segar bugar. Kemudian 3 poster tersebut saya tempel di seluruh penjuru China ."Lho  bukannya  itu  ide  yang  brilian? Tapi kenapa kamu masih gagal dalam
menjual?" tanya si Boss. Si  Salesman  menjawab "Saya tidak tahu kalo orang China membaca dari kanan
ke kiri."

Post a Comment

Top